Tips Untuk Pengguna Mobil Matic Honda Jazz Yang Baik Beserta Perawatan Standar

Kali ini kami akan berbagi tips yang sederhana kepada Anda pengguna mobil Honda Jazz.

Mobil matic pada dasarnya memang didesain untuk mempermudah para penggunanya dari segi mengendarai.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengendarai mobil matic, terutama mengenai cara kerja transmisi mobil.

1. Perseneleng

Perseneleng mobil matic, sangat berbeda dengan pereneleng mobil manual dimana kalau perseneleng mobil manual dia menggunakan angka 1 sampai 5 atau sampai 6 sebagai tanda untuk melambangkan level kecepatan yang dapat diproduksi oleh mesin.

Sedangkan kalau perseneleng pada mobil matic dia tidak menggunakan angka sebagai tanda pada persenelengnya, melainkan dia menggunakan huruf sebagai tanda pada persenelengnya dan di masing-masing huruf tentu mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Kemudian bagaimana cara menggunakan persenelengnya dengan baik dan benar?

Jadi ini adalah fungsi huruf keseluruhan untuk tanda pada persenelengnya, ada beberapa pilihan perseneleng dalam mobil matic yaitu (P), (R), (N), dan (D).

Penjelasannya adalah (P) digunakan saat kondisi parkir, (R) digunakan untuk posisi mundur, (N) untuk posisi netral, dan yang terakhir (D) digunakan untuk pemilihan kecepatan.

Fungsi pemilihan kecepatan contoh untuk huruf (D) yaitu antara lain digunakan untuk jalan yang datar, (D2) untuk menanjak dengan kemiringan dibawah 30 derajat, (D3) untuk kecepatan yang diatas (D).

Selain dengan memahami cara kerja transmisi pada mobil matic, ada satu hal lagi yang harus diperhatikan yaitu cara Anda berkendara. Kenapa?

Karena juga banyak pemakai kendaraan mobil matic yang tidak tepat dan tidak sesuai dalam penggunaan perseneleng dengan kondisi jalanan.

Hal ini tentu juga dapat menyebabkan valve cepat aus, sehingga juga dapat menurunkan kinerja mobil matic.

Untuk itulah perhatikan perseneleng dengan kondisi jalan yang anda lewati untuk menambah kenyamanan saat berkendara.

2. Mesin

Pada pemakaian mobil matic masalah yang sering terjadi adalah kerusakan gasket trasnmisi akibat pemakaian yang terlalu kasar sehingga perlu dilakukan deteksi dini.

Ada baiknya jika Anda mengecek dulu valve transmisi mobil Anda sebelum Anda menggunakannya.

Pengecekan pada valve transmisi bertujuan untuk melihat kondisi dan kinerja transmisi, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Untuk mengeceknya Anda dapat melakukannya sendiri yaitu dengan menempatkan tuas pada posisi (D) atau (R), setelah itu lepas rem.

Apabila mobil bergerak maka kondisi transmisi mobil Anda tergolong masih baik dan masih aman untuk berkendara.

Tetapi jika tidak bergerak maka mobil Anda sudah tidak aman untuk dikendarai dan segeralah lakukan pemeriksaan kebengkel resmi agar segera mendapatkan penanganan yang maksimal.

3.Oli

Untuk menjaga mesin supaya tetap awet Ada baiknya bila Anda rajin mengganti oli transmisi sesuai yang dianjurkan pabrikan atau seperti yang tertera di buku manual.

Karena oli transmisi adalah ibarat “darah” bagi mobil matik dan sangat penting untuk diperhatikan.

Akan tetapi kami menyarankan Anda untuk mengganti oli transmisi lebih cepat dari standar authorize atau seperti yang dianjurkan.

Karena petunjuk pada standar authorizenya ditetapkan pada saat kondisi ideal, yaitu maksudnya jalan mulus, tidak macet dan tidak panas.

Namun, hal itu berbeda dengan kenyataan pada saat berkendara di jalan raya, pasalnya, saat ini kondisi jalanan macet sehingga mesin tetap bergerak.

Itu adalah kondisi yang tidak ideal, baik itu untuk mobil transmisi matik atau untuk mobil transmisi manual.

Ketika dalam kondisi macet mesin masih tetap bekerja, oleh karena itu pergerakan gigi ada sirkulasi pada oli transmisinya di sana.

Jadi, kami menyarankan Anda supaya lebih cepat melakukan penggantian oli dari dari saran yang ditentukan oleh standard umumnya agar lebih maksimal.

Selesai itu tadi adalah beberapa tips dari kami dan pastinya GRATIS untuk Anda semuanya pengguna mobil Honda Jazz.

Jika ada kurang lebihnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan Terimakasih.

Semoga Bermanfaat












Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *