Tips Mudah Dan Sederhana Untuk Pengguna Mobil MPV Honda Mobilio Agar Mesin Awet

Kali ini kami akan berbagi tips yang sederhana dan pastinya GRATIS untuk Anda semua khususnya pengguna mobil MPV Honda Mobilio bertujuan agar mesin dapat lebih awet.  Penasaran dan mau tahu tips-tips nya apa saja?

Berikut ini adalah beberapa tips-tipsnya.

1. Ganti oli teratur.

Ibarat manusia oli adalah  darah bagi sebuah mesin jadi fungsi oli mesin sangat penting dan bermanfaat untuk mencegah gesekan yang berlebihan di dalam mesin.

Karena performa mesin sendiri pada dasarnya juga sangat dipengaruhi oleh penggunaan oli mesin, apakah oli yang digunakan sudah sesuai atau belum.

Oleh karena itu Anda harus benar dan tepat dalam memilih jenis oli mobil yang akan Anda gunakan untuk mobil Anda.

Untuk hal ini kami sarankan kepada Anda untuk menggunakan oli mobil sesuai dengan standard nya, yaitu sama sesuai yang disarankan oleh buku manual(Manual Book).

Bukan hanya itu saja masih ada lagi yang harus diperhatikan, yaitu tentang waktu  Anda dalam melakukan penggantian oli mesin secara berkala.

Hal ini tentu wajib untuk Anda lakukan, Jangan sampai Anda telat dalam mengganti oli pada mesin, karena jika Anda sering telat dalam mengganti oli pada mesin maka juga akan menyebabkan menurunya performa pada mesin.

Contoh seperti kondisi seher yang akan lebih cepat aus dan bearing crankshaft akan lebih cepat aus, belum lagi kondisi keausan dari part lainnya.

Maka waktu yang tepat untuk mengganti oli pada mobil adalah setiap setelah pemakaian di antara 2.500 km hingga 3.000 km atau paling nggak juga bisa ganti setiap enam bulan sekali itu juga bagus.

Diharapkan dengan tips yang pertama ini, minimal kita semua jadi tahu akan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli pada mobil,

2. Cek cairan radiator.

Selalu rutin mengecek cairan pada radiator juga sangat penting karena selain cairan radiator berfungsi sebagai pendingin suhu mesin, cairan radiator juga berfungsi sebagai penetralisir suhu panas yang ditimbulkan oleh mesin

.

Jadi sangat berbahaya sekali jika air dalam radiator habis karena diakibatkan oleh Anda sendiri yang tidak rutin mengecek air pada radiator.

Karena hal ini juga bisa menimbulkan kerusakan mesin dan tentu juga membahayakan keselamatan atau nyawa penumpang sekaligus.

Tentu Anda semua tidak menginginkan hal ini terjadi bukan, maka dari itu rutinlah dan jangan sampai lupa mengecek cairan pada radiator pada mobil baik sebelum digunakan perjalanan jauh atau tidak.

3. Bersihkan filter karburasi.

Membersihkan filter karburasi juga termasuk hal yang penting, sehingga Anda tidak boleh sampai melalaikan hal ini dan harus selalu dilakukan pembersihan pada filter karburasi pada saat pengecekan.

Karena jika Anda sampai terlambat dan bahkan lalai untuk membersihkanya maka hal ini dapat mengakibatkan mesin mobil akan menjadi lebih sulit ketika dihidupkan.

Tentu Anda semua tidak ada yang menginginkan hal ini terjadi, karena jika hal ini sampai terjadi tentu hal ini akan membuang-buang waktu Anda dan hal ini juga akan merugikan Anda sendiri.

Misalnya, ketika Anda mau berangkat bekerja atau mengantarkan keluarga sedang sakit parah dan harus dilarikan rumah sakit, tentu harus dilakukan dengan secepatnya.

Andai kata jika tiba-tiba mesin mobil susah untuk dihidupkan bagaimana, siapa yang susah tentu Anda sendirikan. Oleh sebab itu rutinlah dalam membersihkan filter karburasi pada mobil.

Maka cara untuk membersihkan/menghilangkan semua kotoran dan kerak yang melekat pada saringannya dapat Anda lakukan dengan menggunakan sikat bulu yang tidak terlalu keras.

Jangan sampai Anda menggunakan compresor atau hairdryer untuk membersihkan filter karburasi, karena compresor atau hairdryer juga dapat menimbulkan kerusakanpada lapisan dari filter karburasi.

Dan yang terakhir adalah, alangkah baiknya jika Anda melakukan semua proses pengecekan ini kepada bengkel resmi atau bengkel yang memang sudah berpengalaman.

Sehingga dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi pada mobil Anda dan Anda juga akan mendapatkan sebuah informasi yang lebih sesuai dari sang montir.

Karena jika Anda sampai membawanya ke bengkel yang tidak resmi dan montirnya juga kurang dari segi pengalaman maka ditakukan hal ini akan menimbulkan masalah lain pada mobil yang tentunya tidak diinginkan.

Selesai itu tadi adalah beberapa tips dari kami dan pastinya GRATIS untuk Anda semuanya pengguna mobil MPV Honda Mobilio.

Jika ada kurang lebihnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya sekian dan Terimakasih.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *