Cover Mobil Sesuaikan Bahan Dengan Penggunaan

Ketika mobil diparkir dalam garasi atau pada areal terbuka mempunyai risiko terkena paparan debu, hujan, kotoran binatang atau tangan jahil yang bisa menggores cat mobil. Oleh karenanya, diperlukan sarung mobil yang mampu memperkecil risiko tersebut.

Sebenarnya banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih sarung mobil. Pertama adalah soal bahan baku yang disesuaikan dengan penggunaanya, yaitu indoor atau outdoor. Untuk outdoor biasanya menggunakan bahan dari plastik satu lapisan, atau juga parasut / polyester yang diklaim sebagai bahan anti air.

“Bahan baku yang bagus biasanya memiliki 4 lapisan. Sehingga bisa mereduksi terpaan air hujan tanpa berdampak timbulnya embun yang bisa menyebabkan flek di permukaan cat mobil,” kata Imbransyah, pendiri sarung mobil Bitelblack.

Embun akibat merembesnya air hujan ketika mobil diparkir di luar ruangan ini sering ditemui. Jika dibiarkan, maka sisi bagian dalam sarung mobil akan menempel di bodi mobil sehingga bisa menyebabkan bercak pada permukaan cat.

OUTDOOR

Sarung mobil untuk outdoor biasanya bertekstur licin belum menjadi jaminan bisa mereduksi rembesan air hujan. Terlebih jika berpori-pori terbuka. Maka air akan lebih mudah menyentuh permukaan cat, sehingga bisa menimbulkan bercak noda.

Oleh karenanya sarung mobil untuk outdoor yang bagus dapat dicirikan di bagian terluar yang dilapisi oleh coating. “Untuk mengetahuinya, siram saja bagian terluar sarung mobil menggunakan air. Jika air berjatuhan, maka sarung mobil cukup layak dipakai untuk luar ruang.

Detail dari komposisi pelapis ada 4 layer, terdiri atas lapisan terluar yang menahan air hujan atau teriknya matahari. Lapisan kedua adalah lapisan berpori yang berfungsi sebagai media bernafas, sehingga ketika penguapan air, maka embun tidak masuk kedalam. Lapisan ketiga, adalah lapisan pelindung untuk memperkuat komposisi. Terakhir adalah lapisan keempat, yang mempunyai tekstur lembut sehingga bisa mengeliminasi resiko mobil lecet karena gesekan.

INDOOR

Begitupun untuk sarung mobil di indoor. Ketika memutuskan untuk tidak memakai mobil saat mudik atau liburan. Maka sebaiknya pastikan mobil yang diparkir di garasi rumah selalu terlindungi. “Walaupun ada di dalam garasi, partikel debu, suhu udara atau binatang peliharaan bisa berpotensi merusak lapisan cat bodi di mobil.

Bahan baku untuk sarung mobil indoor biasanya terbuat dari kain yang mempunyai pori-pori. Fungsinya supaya sirkulasi udara bisa lancar, sehingga tidak lembab atau terlampau kering. “Bahan baku sarung mobil indoor biasanya terbuat dari kain satin velvet. Sebaiknya pilih sarung mobil yang sesuai sehingga lebih maksimal dalam melindungi permukaan bodi mobil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *