Cara Mudah Dan Sederhana Merawat Bagian Interior Mobil

Kali ini kami akan berbagi tips untuk Anda semua pengguna mobil dan tips ini pastinya GRATIS untuk Anda, tetapi sebelum masuk ke tips yang pertama kita berbincang-bincang dulu.

Pada umumnya, sebuah mobil memiliki dua bagian yang saling terkait dan saling melengkapi yaitu bagian interior (bagian dalam) dan bagian eksterior (bagian luar).

Nah supaya mobil Anda lebih awet untuk ke depannya atau seterusnya dan lebih kelihatan terawat, maka sangat penting dan wajib bagi Anda untuk merawat kedua bagian tersebut.

Namun, banyak juga pemilik mobil yang sering mengabaikan hal ini dan menganggap hal ini adalah hal yang sepele.

Dengan alasan karena mungkin bagian interior adalah (bagian dalam pada mobil) jadi tidak terlihat ketika dari luar.

Lalu apakah karena hal ini kita bisa dengan mudahnya mengabaikanya dan hanya fokus untuk merawat bagian eksterior (bagian luar) mobilnya saja.

Salah besar, padahal bagian interior pada mobil juga sangat penting untuk selalu diperhatikan dan dirawat.

Karena jika bagian interior mobil Anda dalam kondisi terawat yang pastinya bersih dan harum.

Maka hal ini juga akan memancarkan suasana yang nyaman bagi pengemudi dan penumpang yang ada di dalamnya.

Pada dasarnya merawat bagian interior pada mobil tidaklah sulit, Jika Anda mau, Andapun juga bisa merawatnya sendiri dirumah tanpa harus membawanya ke bengkel.

Dikarenakan bagian interior mobil adalah salah satu bagian mobil yang sering digunakan, maka kami sarankan untuk Anda selalu memastikan keadaannya dalam keadaan bersih dan terawat.

Jika suasana didalam kabin mobil bersih, nyaman, dan terawat,maka pengalaman Anda selama berada di perjalanan mobil akan sangat menyenangkan.

Nah, sudah penasaran kan tips-tipsnya apa saja langsung saja ini dia tips-tipsnya

1. Bersihkan dashboard (Bagian Depan)         

Yang pertama bersihkan bagian dashboard mobil, tentu bagian ini adalah bagian yang terlihat saat Anda masuk ke mobil, terutama baris pertama (masuk dibagian depan) mobil.

Oleh karena itu, pastikan bagian ini tetap terjaga kebersihanya dan tetap rapi, karena selain itu, dashboard juga menjadi sasaran sinar matahari paling pertama karena posisinya yang berada di depan.

Nah maka dari itu, untuk membuatnya agar tetap bersih Anda dapat menggunakan kemoceng atau kuas yang berfungsi untuk membersihkan debu-debu yang menempel di bagian dashboard.

Bersihkan dashboard hingga ke sudut-sudut dan lubang AC di sekitar dashboard supaya tidak ada debu yang masih menempel dan tersisa di dashboard, gunakan vacum cleaner khusus jika ingin lebih mudah.

Setelah benar-benar bersih, jangan lupa oleskan semacam cairan khusus untuk pembersih dan pelindung agar dashboard terjaga dari paparan sinar matahari sehingga dashboard tidak mudah kering dan mengelupas.

2. Pilih karpet mobil yang mudah dibersihkan(Bagian Bawah)

Yang kedua bagian lantai dasar mobil hal ini juga sangat penting untuk diperhatikan, karena lantai mobil juga menjadi perhatian seorang penumpang saat memasuki kabin mobil.

Andai kata jika lantai dasar mobil sedang dalam keadaan kotor, berdebu, atau bahkan berkarat tentu akan memberi kesan yang kurang baik dan akan membuat penumpang menjadi tidak nyaman.

Nah oleh sebab itu, penggunaan karpet mobil sangat disarankan untuk menjaga keadaan lantai dasar mobil supaya tetap dalam keadaan bagus dan bersih.

Untuk hal ini kami sarankan Anda  untuk memilih jenis karpet mobil yang mudah dibersihkan yaitu, pilihlah karpet yang terbuat dari bahan karet sintetis.

Sehingga pada saat Anda mau membersihkan kotoran seperti pasir, tanah, sampai noda-noda lain yang menempel di karpet, Anda tinggal mencucinya cukup dengan menggunakan air dan sabun lalu jemur kembali selesai.

3. Pasang pengharum ruangan

Yang ketiga adalah Anda jangan lupa memasang pengharum ruangan pada mobil sebelum Anda menggunakanya baik Anda digunakan setiap hari atau hanya sesekali.

Mobil Anda juga harus menyebarkan aroma wangi agar tetap menciptakan suasana nyaman saat dibawa berkendara.

Misal jika ada sebuah bau busuk atau bau yang kurang sedap dan sampai menyelimuti isi dalam mobil Anda tentu hal ini juga bisa saja mengganggu konsentrasi sang pengemudi saat mengemudikan mobil.

Tentu Anda semua tidak menginginkan hal tersebut terjadi, oleh sebab itu Anda bisa gunakan pengharum ruangan mobil.

Pilihlah jenis pengharum ruangan dengan aroma yang tentunya sesuai dengan kepribadian Anda.

4. Bersihkan langit-langit mobil(Bagian Atas)

Yang keempat adalah membersihkan bagian langit-langit mobil, karena banyak pemilik mobil yang sering melupakan bagian ini.

Untuk selalu diperiksa kebersihanya pada saat sedang membersihkan interior mobil.

Karena, juga tidak banyak yang tahu bahwa sisi atas pada bagian dalam mobil juga cenderung menyimpan debu.

Nah, untuk membersihkan bagian langit-langit sebaiknya gunakanlah lap basah atau kain yang sudah dibasahi dengan air dan sabun cuci khusus kemudian usap seperti halnya mengusap motor setelah dicuci.

Tetapi juga usahakan bahwa lap untuk pembersih juga jangan terlalu basah, karena hal ini akan membuat langit-langit mobil menjadi lembap dan menimbulkan bau tak sedap.

Setelah dibersihkan menggunakan lap basah, tuntaskan dengan lap kering untuk meresap sisa-sisa kerak air yang sudah mengering dan kotoran yang masih menempel.

5. Merawat jok mobil(Bagian Bawah)             

Bagian jok mobil juga termasuk bagian dari interior mobil yang harus dan wajib untuk diperhatikan.

Bagaimana tidak, karena pada saat penumpang memasuki kabin mobil tentu kebanyakan mereka akan langsung menduduki jok mobilnya.

Tanpa disadari bahwa itu artinya, apapun yang menempel di kulit jok mobil juga akan langsung bersentuhan dengan badan penumpang.

Bisa dikatakan bagian dari interior mobil yang satu ini memerlukan perawatan yang lumayan cukup rumit.

Beberapa orang membersihkan jok mobilnya dengan membawanya ke salon mobil.

Akan tetapi jika Anda mau membersihkanya sendiri dengan cara yang lebih praktis, kami akan membagikan cara-caranya untuk Anda.

Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membawa mobil Anda ke salon mobil untuk membersihkannya.

Cara praktis untuk membersihkan jok mobil adalah dengan lap kering, sikat gigi yang sudah tidak terpakai.

Jika ingin lebih mudah lagi Anda juga bisa menggunakan vacum cleaner (mesin penyedot debu) yang khusus untuk kendaraan dan cairan pembersih jok mobil.

Bersihkan jok mobil secara berkala. Untuk menjaga agar selalu terawat dan tidak licin ketika diduduki maka gunakanlah cairan pembersih.       

Nah, jika Anda ingin cara yang lebih praktis lagi maka Anda bisa memasang sarung cover jok saja pada jok asli mobil Anda.

Dengan memasang sarung cover pada jok asli mobil Anda, maka jok asli mobil Anda akan terlindungi secara maksimal dan bisa awet dipakai sampai beberapa tahun ke depan.

Selesai, itu dia adalah beberapa tips GRATIS dari kami untuk Anda semua pengguna mobil, jika ada kurang lebihnya kami mohon maaf. Terimakasih

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *