5 Jenis Kain Untuk Cover Mobil

Selimut mobil atau biasa disebut dengan body cover mobil merupakan sarung penutup mobil yang berfungsi melindungi permukaan mobil dari berbagai macam kerusakan yang mungkin ditimbulkan oleh air hujan, matahari, debu dan goresan. Disamping itu berguna untuk ketahanan warna cat mobil dari pengaruh sinar ultra violet.

Sehingga dibutuhkan serat kain halus dan licin dalam mengurangi resiko timbulnya goresan ketika memasang atau juga melepaskan body cover mobil serta bisa mereduksi tetesan air hujan tanpa menimbulkan embun yang bisa menyebabkan kotoran pada permukaan cat mobil. Jenis kain yang biasa dipakai untuk membuat selimut mobil diantaranya adalah jenis kain parasut, polyester, milky, nylon, ripstok dan juga taslan.

Parasit Silver

Kain parasit silver adalah jenis kain yang standar untuk membuat sarung ataupun cover mobil yang terkenal kuat dan tahan lama. Jenis kain ini mempunyai tekstur yang halus, lembut dan juga tergolong bahan yang anti air sehingga sangat pas untuk melindungi mobil dari terpaan sinar matahari, debu dan juga air.

Polyester

Polyester atau biasa dikenal dengan nama waterproof adalah jenis kain yang mempunyai ketahanan terhadap cuaca hujan ataupun panas. Jenis kain yang mempunyai karakteristik kuat dan juga tidak mudah pudar ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat cover mobil yang dipakai di ruangan terbuka.

Nylon

Nylon berasal dari serat sintetis karet yang mempunyai tekstur lembut, kuat, tidak mudah sobek dan juga lentur ketika ditarik.

Ripstok

Ripstok adalah sejenis kain yang mempunyai coating anti air di bahan bagian dalam dan juga luarnya. Meski sebenarnya berbeda, tapi jenis bahan yang biasanya disebut coating bening ini mempunyai kualitas anti gores dan juga ketahanan terhadap air yang sama di antara bagian luar dan juga dalam bahannya.

Taslan

Kain taslan termasuk dalam jenis bahan spesial dari serat sintetis dengan kualitas tinggi yang mempunyai lapisan mengkilat ataupun terang dan dikenal tahan akan air yang bisa melindungi permukaan cat mobil dari bermacam goresan yang mungkin bisa ditimbulkan.

Secara umum cover mobil yang baik terdiri atas empat komposisi, lapisan pertama yang berada di bagian terluar yang berguna untuk menahan terpaan air hujan dan juga sinar matahari langsung. Lapisan kedua berfungsi untuk media pernapasan dalam menghindari timbulnya embun ketika penguapan udara. Lapisan ketiga berguna sebagai pelindung dan juga penguat lapisan dasar lainnya. Sementara lapisan terdalam dengan bahan dasar lembut dan juga halus berfungsi untuk meminimalisir gesekan ketika memasang dan juga melepaskan body cover.

Dalam pemilihan body cover hal terpenting yang harus dipertimbangkan adalah kesesuaian jenis bahan dengan kondisi lingkungan serta penggunaannya (indor atau outdor). Semoga bermanfaat.

4 thoughts on “5 Jenis Kain Untuk Cover Mobil”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *