3 Tips Cepat Mendapatkan Pelanggan

Menjalankan sebuah bisnis baru memang susah-susah gampang. Tergantung bagaimana kreativitasmu dalam menelurkan konsep yang bisa di aplikasikan dengan mudah, tidak harus dengan ide baru, namun buatlah ide tersebut berbeda dengan yang lain atau dalam bahasa lain memodifikasi ide. Yang menarik dan unik pasti akan membuat pelanggan penasaran untuk datang di kedai kamu.

Selanjutnya buatlah pelangganmu kembali membeli di kedaimu, dengan apa? Tentu dengan produk yang berkualitas dan fokus pada pelayanan. Produk yang berkualitas akan memberikan efek kepuasan pada pelanggan, dan pelayan yang baik akan berakibat pada kenyamanan pelanggan ketika transaksi.

Misalkan saja kamu sedang membuka warung nasi goreng. Nasi goreng itu sudah banyak sekali yang jualan. Setiap pojok gang ada warung nasi goreng ada yang menawarkan harga murah, sampai nama-nama nasi goreng yang aneh.

Kalau kamu ingin jual nasi goreng tidaklah masalah, kamu tinggal konsep saja secara kreatif yang bisa membuat warung nasi goreng kamu laris manis. Yang mahal dari suatu produk adalah ide kreatif, hal itu yang membedakan antara penjual nasi goreng yang satu dengan yang lain. Tentu ini berlaku untuk bisnis yang lain juga. Kuncinya adalah berfikir tidak seperti orang biasa ( out of the box )

Kemasan

Kemasan adalah hal yang pertaman kali di lihat oleh konsumen. Jika kamu memiliki produk berkualitas bagus namun memiliki kemasan yang kurang menarik maka akan mempengaruhi ekspektasi orang terhadap produkmu. Orang tertarik melirik atau tidak itu tergantung kemasan. Pastikan dalam kemamasan ada nama produk, nah nama produk itu harus kamu buat seunik mungkin dan mudah diingat oleh pelanggan. Buatlah nama produkmu tidak lebih dari 3 suku kata agar mudah di ingat oleh pelanggan. Jangan lupa buat desain produk sebagus mungkin untuk membuat calon pelanggan penasaran dan bertanya-tanya lalu mereka membeli produkmu.

Walaupun proses ini memakan waktu agak lama, terutama jika produk tersebut baru bersaing dengan produk-produk yang sudah lama di pasaran, namun semua itu akan terbayar jika produkmu sudah mulai di kenal pasar dan memiliki pelanggan yang tetap. Meskipun hanya menjual nasi goreng jika kamu sudah mempunyai nama yang hebat dan ramai pengunjung maka akan membuat calon pelanggan penasaran untuk mencicipi nasi goreng yang kamu jual. Dengan begitu secara otomatis akan meningkatkan omset pendapatan tiap hari.

Kualitas produk

Mempertahankan memang sangat sulit daripada memdapatkan. Sebuah produk akan tahan lama di pasaran jika selalu mempertahankan kualitasnya bahkan meningkatkan kualitasnya. Begitu juga dengan sajian kuliner seperti nasi goreng. Jika penjualan nasi gorengmu laris, apa yang akan kamu perbuat? Meningkatkan kuantitas dan menurunkan kualitas? Kebanyakan kasus yang terjadi seperti itu. Banyak pengusaha kuliner menurunkan kualitas dagangannya untuk meraup sebanyak mungkin penghasilan dari pengurangan bahan baku.

Kualitas produk juga salah satu aspek kejayaan dalam sebuah perdagangan. Dengan kualitas produk yang terjamin maka akan sangat sulit untuk pelanggan pindah kelain hati. Begitu juga sebaliknya, kualitas produkmu menurun maka secara tidak langsung kamu akan sedikit demi sedikit membinasakan bisnismu. Kekuatan testimoni pelanggan sangatlah cepat menyebar, apalagi di era digital seperti saat ini. sangat penting untuk mempertahankan kualitas agar pelanggan juga mempromosikan produk yang kamu jual. Dengan begitu akan meningkatkan penghasilanmu.

Pemasaran

Faktor yang terpenting dari sebuah bisnis adalah pemasaran. Sebagus apapun produkmu, kualitas nomor 1 di dunia, dan memiliki kemasan yang bagus, namun dalam penyampaian ke pelanggan kurang mengena maka akan sia-sia belaka. Perlu di petakan terlebih dahulu sebelum memulai usahakan tentukan siapa sih target yang akan membeli produk kamu? Anak sekolah, kantoran, atau umum? Bagaimana kebiasaan mereka, apa saja yang mereka butuhkan, dll.

Jika produk kamu sasarannya adalah anak sekolah, berikanlah harga yang sesuai dengan pengeluaran mereka. Buatlah perkiraan uang saku para pelajar? Tetapi jika target kamu adalah orang yang sudah bekerja tentu harga tidaklah masalah asalkan wajar dan produk itu memang pastas dengan harga segitu dan pelanggan pun tidak kecewa.

Tempat nyaman dan bersih sangat penting dalam meningkatkan rasa ketertarikan pelanggan terhadap produkmu. Buatlah harapan mereka terhadap produkmu tercapai. Beritahukan kelemahan dan kelebihan produk kamu. Misal pelanggan kamu akan mengadakan sebuah pertemuan dengan budget konsumsi sekian dan akan memesan nasi goreng di tempat kamu, kamu bisa berdiskusi dengan baik untuk menyesuaikan harga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *