Serba-Serbi Sarung Mobil

Apakah  kita tahu mobil juga membutuhkan sarung ? Sarung seperti apa ? Prinsipnya sarung mobil adalah sarung yang dipakai oleh mobil. Kalo kita berlindung di panasnya matahari atau hujan biasanya kita memakai payung, untuk mobil juga prinsipnya, memakai sarung mobil dipakai untuk melindungi mobil dari terik matahari, hujan, debu dan lain-lain.

Apalagi jika di rumah tidak tersedia garasi, yang ada hanya carport. Tentu carport berbeda dengan garasi, kadang carport mobil masih terkena panas dan hujan, belum juga debu yang mudah menempel pada body mobil karena langsung berhubungan dengan luar dan gangguan lainnya. Disinilah fungsi sarung mobil. Tapi jangan salah, sarung mobil mempunyai dua jenis sesuai dengan tujuannya, kemudian sarung mobil juga dituntut tidak membuat keadaan menjadi lebih buruk.

Bercak pada body mobil yang diakibatkan oleh sarung mobil yang kurang baik dikarenakan ketika turun hujan atau pagi hari timbul embun di sarung mobil dan bisa membuat bagian dalam sarung mobil basah dan kemudian menempel pada bodi mobil. Sekarang sarung mobil yang bagaimanakah yang bisa melindungi mobil dengan benar.

Pada dasarnya sarung mobil terbagi dua jenis yaitu outdoor dan indor. Outdoor cirinya adalah tekstur licin, pori-pori tertutup dan anti air. Untuk bahan, biasanya sarung mobil untuk outdoor terbuat dari plastik,parasut dan polyester, kemudian karena untuk bagian outdoor yang notabene sering terkena hujan, matahari dan lain-lain secara frontal maka sarung outdoor ini harus lebih kuat dan juga lebih melindungi. Maka dari itu, sarung mobil untuk outdoor biasanya dilengkapi banyak lapisan, pertama lapisan terluar yang melindungi dari tetasan air hujan dan terpaan sinar matahari, kedua yaitu lapisan berpori supaya udara bisa bersirkulasi dan mengurangi efek embun, ketiga adalah lapisan pelindung, keempat lapisan yang lembut agar mengurangi resiko bodi mobil lecet.

Untuk yang indor,karena untuk lingkungan yang lebih bersahabat contohnya mobil dalam garasi atau carport yang mempunyai atap. Meskipun ada didalam garasi sebenarnya penggunaan sarung mobil sangat disarankan, meskipun dalam garasi debu masih sangat memungkinkan untuk menempel dan bisa merusak cat mobil. Karena lingkungannya yang lebih bersahabat maka teknologi pada sarung mobil indoor biasa-biasa saja dan hanya dicirikan memilki lapisan yang mempunyai pori sehingga sirkulasi udara menjadi lancar.

Kemudian bahannya lembut sehingga tidak akan membuat bodi mobil lecet. Lebih baik disarankan jangan menggunakan sarung indoor untuk outdoor karena tidak akan melindungi dengan maksimal, kemudian kebalikannya jangan menggunakan sarung outdoor untuk lingkungan indoor. Catatan lainnya adalah sarung indoor ataupun outdoor sebaiknya memilih sarung yang ngepress. Terus ketika membuka sarung mobil disarankan membuka bagian depan yang samping belakang dahulu dan kemudian membuka hingga bagian atas mobil dan lipat sarung mobil di atas mobil, terakhir gulung sarung mobil dan tempatkan kedalam tas yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *