site hit counter 7 Tips Merawat Motor Injeksi – Cover Super

7 Tips Merawat Motor Injeksi

Perawatan motor injeksi sebenarnya tidak terlalu rumit. Hanya karena injeksi adalah teknologi terbaru, cara merawat motor injeksi pun berbeda dengan motor lainnya. Maka, jangan sampai ada kesalahan agar tidak merusak mesin.

Berikut ini kami memberikan beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dalam melakukan perawatan motor injeksi dalam artikel berjudul 7 Tips Merawat Motor Injeksi:

1. Memanaskan Mesin

Ini adalah hal yang perlu untuk dilakukan setiap mesin telah didiamkan/mati lebih dari 8 jam. Hidupkan mesin selama 1-5 menit sebelum digunakan untuk berjalan agar pembakaran dalam mesin motor matik injeksi lebih sempurna. Hal ini jangan disepelekan karena memiliki dampak untuk jangka panjang. Bagaimanapun juga, mesin yang sudah dipanaskan akan nyaman digunakan di perjalanan.

2. Jangan terlalu cepat menambah/mengurangi gas

Kendarailah motor matic injeksi secara wajar. Jangan memutar atau melepas putaran gas terlalu cepat karena hal ini dapat memperpendek usia mesin motor matik. Tambahlah kecepatan secara wajar dengan putaran gas yang halus.

3. Rutin mengganti Oli transimisi matik

Oli adalah bagian paling penting untuk menjaga performa mesin motor matik. Maka, penggantian secara rutin perlu dilakukan. Hal ini bisa Anda lakukan setiap motor telah digunakan berjalan 1.000 hingga 2.000 Km. Usahakan Anda mengganti tepat waktu. Terlalu cepat atau terlambat mengganti oli bukanlah hal yang baik untuk kendaraan dan keuangan Anda.

4. Cek aki dan busi secara berkala

Busi dan Aki merupakan komponen penting yang perlu untuk diperiksa secara berkala. Segera ganti dengan komponen baru apabila sudah rusak. Karena kerusakan yang dialami oleh 2 komponen ini menyebabkan motor menjadi mogok. Performa mesin motor yang baik sangat dipengaruhi oleh kualitas busi dan aki yang digunakan.

5. Periksa Vent Belt dan Roller secara teratur

Kedua komponen ini adalah bagian yang mempengaruhi kenyamanan berkendara. Usahakan untuk selalu menggunakan komponen orisinil demi menjaga keawetan komponen yang digunakan.

6. Ganti oli Shockbreaker secara teratur

Oli Shockbreaker sering digunakan pada motor matic. Usahakan setiap motor digunakan 10.000 Km oli ini diganti. Hal ini untuk menghindari suara mendecit karena aus pada shockbreaker motor matic Anda. Oli original akan membuat komponen motor Anda lebih awet.

7. Selalu pastikan tangki bensin tidak kosong

Ini adalah hal yang paling penting. Tangki bensin motor injeksi tidak boleh kosong. Karena jika sampai kosong, kotoran yang ada pada tangki akan terserap dan bisa menyumbat filter injeksi. Bila hal ini terjadi, motor akan mogok dan tidak bisa distarter. Maka, pastikan Anda mengisi tangki bensin motor Anda sebelum ia benar-benar kosong.

Semoga tips merawat motor matic injeksi diatas bermanfaat untuk Anda.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *