site hit counter 5 Tips Agar Motor Matic Anda Tidak Cepat Rusak – Cover Super

5 Tips Agar Motor Matic Anda Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat Motor Matic – Motor matic menjadi primadona beberapa tahun ini. Perkembangan pecinta motor ini melampaui motor kopling maupun motor bebek. Selain dikarenakan kemudahan pemakaian yang ditawarkan, desain yang sederhana dan menarik, serta kualitas mesin yang cukup prima merupakan sebab mengapa banyak masyarakat memilih motor matic ini.

Meski awalnya ditunjukkan untuk para kaum hawa, namun kini pengendara pria juga banyak yang menyukai motor matic ini.

Kali ini, Cover Super akan berbagi tips merawat motor matic agar motor matic Anda tidak cepat rusak. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain:

Panaskan motor setiap pagi

Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan mesin. Cukup luangkan waktu 2-5 menit untuk melakukan hal ini, terutama sebelum Anda melakukan perjalanan.

Servis dan ganti oli secara teratur

Ganti oli secara teratur merupakan hal wajib yang perlu untuk Anda lakukan. Bukan berarti jika motor matic Anda masih nyaman digunakan, lalu Anda tidak perlu mengganti olinya. Hal ini diperlukan untuk menjaga agar pelumasan pada mesin Anda tetap dalam kondisi prima. Sehingga motor menjadi awet.

Mengganti oli secara teratur biasanya dilakukan setiap 1000-2000 Km atau sekitar 1,5 bulan sekali. Bila motor Anda dipakai setiap hari, sebaiknya Anda mengganti olinya 1 bulan sekali.

Hati – hati terhadap ruang transmisi motor matic

Kotoran dan debu mudah masuk ke dalam ruang transmisi ini. Maka Anda perlu melakukan pemeriksaan secara rutin ke bengkel. Sehingga motor matic Anda tidak ngadat dan tetap dalam kondisi prima.

Jangan biarkan tangki bensin kosong

Sama seperti Tips Merawat Motor Injeksi, untuk motor matic juga sebaiknya tangki bensin jangan sampai kosong. Karena hal ini beresiko membuat mesin ngadat.

Perhatikan kondisi aki

Aki adalah komponen sangat penting, terutama pada motor matic. Karena jika Aki bermasalah, maka mesin, lampu, klakson tidak dapat menyala. Maka, perlu bagi Anda untuk selalu memperhatikan kondisi aki pada motor matic Anda.

Itulah 5 tips merawat motor matic agar motor matic Anda tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *